Dewi Sri Agro menyediakan bibit gaharu, ganitri, tanaman buah, sengon laut, dll, bibit sayuran dan saprotan, alamat jl. gerilya 68 kuripan kidul, kesugihan, cilacap.

Monday, April 6, 2009

Mencegah serangan uret pada tanaman ganitri.

Kaget rasanya kalau lihat tanaman ganitri kita tiba-tiba layu disiang hari, dan agak segar lagi esok paginya, kemudian layu lagi disiang harinya. Beberapa hari kemudian daun menjadi kusam dan sebagian rontok. Dalam waktu 2 minggu akhirnya mati. Begitulah tanda-tanda tanaman ganitri yang diserang uret/engkuk (seperti ulat berwarna putih di dalam tanah). Itulah hama paling susah dihindari, kalau penggerek batang saja sih masalah kecil.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman terhindar dari uret, perlakuan sebelum penanaman dan perlindungan setelah penanaman. Usahakan jangan menggunakan pupuk kandang saat penanaman bibit, tapi kalau menghendaki demikian campurkan nematisida dengan bahan aktif karbofuran (Furadan 3GR, Marshal 5GR, Rugby 10GR), dan yang paling ampuh adalah Rugby 10 GR tapi masih sangat jarang di pasaran. Nematisida tersebut berbentuk granular seukuran pasir. Caranya adalah campurkan 1 sdm Furadan 3GR/Marshal 5GR/Rugby 10GR tiap 2 kg pupuk kandang, atau taburkan 1 sdm Furadan 3GR/Marshal 5GR/Rugby 10GR tiap lubang tanam.

Dengan pemberian Furadan 3GR/Marshal 5GR/Rugby 10GR tersebut, tanaman akan terlindung dari uret, orong-orong (anjing tanah), dan mikroba yang merusak tanaman (nematoda) selama kurang lebih 3 bulan. Tiga bulan kemudian pemberian Furadan 3GR/Marshal 5GR/Rugby 10GR bisa dicampur dengan pupuk, dengan takaran tetap 1 sdm/tanaman belum termasuk pupuk.

Bagaimana kalau sudah terlanjur diserang uret?

Solusi sederhana adalah cabut tanaman dan pindahkan ke polybag kemudian dirawat sampai tanaman pulih, kemudian ditanam lagi dengan terlebih dulu membunuh semua uretnya. Cara lain yang lebih baik adalah melarutkan 1 sdt Marshal 25ST (bukan Marshal 5 GR) ke dalam 1 liter air. Siramkan larutan disekitar batang tanaman, uret di dalam tanah akan mati setelah terkena larutan ini. Langkah selanjutnya adalah pemulihan.

Saat diserang uret, akar tanaman banyak yang putus atau bahkan hilang dimakan uret, maka suplay makanan dan air untuk tanaman jadi terganggu. Jadi pada saat pemulihan, tanaman yang sakit harus disirami, dan diberi nutrisi tambahan sampai tanaman bener-benar sehat yang ditandai dengan keluarnya daun yang baru di tiap tajuknya. Selamat mencoba!


Pupuk: NPK Phonska, air seni kelinci, Bosch anti rontok
Hormon: Giberelin, auksin
Obat: Furadan 3GR/Marshal 5GR/Rugby 10GR, Marshal 25ST, Fury.

No comments: