Dewi Sri Agro menyediakan bibit gaharu, ganitri, tanaman buah, sengon laut, dll, bibit sayuran dan saprotan, alamat jl. gerilya 68 kuripan kidul, kesugihan, cilacap.

Friday, April 3, 2009

Tips agar biji ganitri lebih Kecil


pohon usia 1 tahun (3,5 meter)


bakal buah ganitri

Rasanya aneh, buah/biji kok malah dibuat agar lebih kecil. Tapi itulah ganitri, makin kecil bijinya makin mahal harganya (khusus bahan mala/tasbih).
Sekitar 90% lebih, petani ganitri berusaha agar biji ganitrinya kecil dengan cara meng-keret atau mengupas sebagian kulit pohon (3-10cm) secara melingkar. Hal ini memang terbukti efektif, tapi adakah cara lain yang tidak merusak tanaman? Jawabnya ada.


Sebelum saya membeberkan cara saya memperkecil biji ganitri, perlu diingat bahwa saya tidak menganjurkan anda untuk meniru, dan saya juga tidak menjamin keberhasilannya.Berikut cara saya memperkecil biji:
1. Pacu agar tanaman berbunga/berbuah lebat
(sudah saya bahas sebelum ini, silahkan klik di sini)
Setelah ada tanda-tanda keluar bunga, hentikan pemberian giberelin (GA3). Jika GA3 masih diberikan, saya jamin bunga rontok sampai 90% atau lebih.
2. Penyemprotan Pupuk
Gunakanlah pupuk dengan aplikasi semprot daun, karena pupuk jenis ini 100-500 kali lebih cepat diserap tanaman dibanding ditabur di tanah. Penyemprotan pupuk dilakukan seminggu sekali agar hasilnya optimal. Berikut formulasi pupuknya:
Minggu 1-4: - NPK Bosch 10-20-60 (kalium membuat tanggkai lebih kuat)
- Heksa 50SC produk FMC (agar tangkai bunga lebih alot, daun lebih hijau)
- Perekat (agar pupuk lebih menempel di daun tidak cuma lewat)
Minggu 5-7: - NPK Bosch 10-20-60
- Perekat
- Heksa 50SC
Minggu 7-Panen: Giberelin (GA3) + perekat. GA3 mengakibatkan terhentinya pertumbuhan endosperm maupun embrio, sehingga biji tidak berkembang meskipun buah membesar.
Hasilnya adalah buah dengan daging buah yang tebal dan berbiji kecil.
Tapi segala yang kita lakukan pasti ada resiko gagal, intinya kita harus sabar dan ingat kalau Rizki sudah ada yang mengatur.
*perekat: larutan khusus yang ditambahkan pada aplikasi semprot tanaman. Gunanya sebagai pembasah, perata, dan penembus jaringan dengan cara mengurangi tegangan permukaan pada daun sehingga larutan (pupuk) mudah dan cepat masuk.

1 comment:

ardi pret said...

untuk nama Giberelin dan dan perekatnya kalau kita tanya di toko-toko nama pasarannya apa ya? masalahnya mungkin ada satu barangnya namun nama sebutannya macam-macam, ada yang menyebut a, atau b. makasih